LCD

LCD

Layar sentuh merupakan suatu teknologi yang biasanya dimasukan dalam bagian internal handphone atau HP. Penggunaan layar sentuh menjadi salah satu penanda penting dalam kemajuan teknologi dan menjadi identitas HP modern atau kekinian.

Liquid Crystal Display atau LCD adalah tipe layar yang paling banyak ditemukan di berbagai jenis HP jaman sekarang. Namun penggunaan LCD pada handphone atau HP memang tidak lepas dari permasalahan, setidaknya ada beberapa ciri untuk mendeteksi kerusakan LCD HP.

Layar HP Terlihat Retak atau Pecah

Pada dasarnya, layar LCD retak bisa terlihat dari adanya goresan kasar yang nampak terlihat jelas atau adanya sebuah goresan halus yang saat dipegang tidak terasa apa-apa. Penyebab LCD pada HP rusak biasanya akibat HP terjatuh, alami benturan keras atau ada penekanan yang berat.

Untuk LCD HP yang sudah pecah terbagi menjadi 2 yaitu halus dan kasar. Saat LCD pecah halus biasanya tidak akan terasa di tangan, namun saat LCD HP pecah kasar akan sangat terasa di tangan. Penyebab LCD pecah biasanya disebabkan karena HP jatuh dan posisi jatuhnya langsung mengenai bagian layar. Ketika menemukan kondisi LCD handphone yang sudah pecah, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Layar HP Tanpa Tampilan atau No Display

Ketika menemukan layar HP tanpa tampilan tentu Anda akan merasa kesal dan bingung dengan apa yang terjadi. Sejatinya kondisi no display menggambarkan LCD HP tidak memunculkan tampilan dan kondisi ini menjadi titik rusak yang perlu segera ditangani.

Pada dasarnya, HP memang berjalan dengan normal dan sistemnya juga bekerja dengan tepat, namun bagian LCD tidak bisa tampilkan gambar apapun. Kondisi LCD HP yang no display bisa saja disebabkan karena kena air dan kondisi ini bisa diperbaiki dengan cara dikeringkan terlebih dulu. Namun saat kerusakan tak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera ganti LCD HP dengan yang baru.

LCD Handphone Nampak Bergaris

Pada saat Anda menemukan LCD pada handphone nampak bergaris, maka Anda perlu segera memperbaikinya. Kondisi ini biasanya terjadi meskipun HP bisa menyala dengan normal dan tampilan fisiknya juga sempurna tanpa ada masalah.

Garis kerusakan yang terjadi pada LCD HP biasanya berbentuk vertikal atau horizontal. Garisnya biasanya berwarna merah, biru, oranye dan warna lainnya. Adanya garis pada LCD HP biasanya menjadi pertanda awal akan adanya kerusakan layar yang lebih parah. Cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya pakai yang baru.

LCD Tidak Bekerja Sensitif

Perbedaan LCD dan touchscreen pada suatu HP bisa dilihat dari cara kerjanya. Touchscreen akan membaca sinyal yang dihasilkan dari sentuhan tangan Anda, sedangkan LCD berfungsi untuk menampilkan gambar di layar HP.

LCD normal biasanya akan bekerja secara sensitif saat disentuh, namun saat sensitivitasnya berkurang akan menjadi masalah buat Anda. Langkah perbaikan pertama bisa dengan kalibrasi, namun kalo kondisi HP tetap jelek maka Anda perlu segera ganti layar LCD HPnya.

Muncul Titik Hitam atau LCD Tidak Bisa Disentuh

Dead Pixels atau titik hitam merupakan suatu kondisi yang memperlihatkan adanya bercak hitam di salah satu bagian layar HP dan posisinya bisa dimana saja. Apabila dibiarkan, biasanya bercak hitam semakin lama akan membesar.

Ketika Anda menyentuh layar HP dan tidak ada respon, maka kondisi LCD HP Anda sudah rusak. LCD yang tidak bisa disentuh tentunya menjadi masalah yang sangat berat, maka bagusnya segera ganti saja LCD dengan yang baru.

Banyaknya masyarakat yang mengalami kerusakan LCD pada HPnya tentu menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Untuk itu, buat para pedagang aksesoris HP grosiran yang sedang mencari importir atau toko aksesoris handphone berkualitas, maka bisa mengakses situs Qeong.com aja. Temukan LCD HP terbaik dengan harga yang paling rendah disini.